Like dan berdiskusilah bersama kami di Halaman DistroLeenux @Facebook!

Akankah Dominasi Windows Menurun?


Tidak dapat disangkal lagi, Bill Gates adalah tokoh TI yang paling spektakular saat ini. Pamor Bill Gates terutama sekali terangkat berkat sistem operasi (OS) Windows, mulai dari versi 3.1 sampai Windows8 yang paling gres. Selama puluhan tahun tidak ada OS lain yang sanggup mengungguli kepopuleran Windows. Apakah ini berarti dominasi Windows di dunia OS tidak akan terpatahkan ?
Di dunia ini tidak ada perkara yang langgeng. Sejarah sudah berulangkali membuktikan dominasi sekuat apapun suatu saat akan tumbang juga. Dan ini bukan mustahil bisa dialami juga oleh Bill Gates dengan Windowsnya. Pertanyaannya kekuatan mana yang sanggup menggeser Windows ? Linux, Mac, BSD, atau OS/2 yang sudah wafat ...?
Sebagai pendatang baru di dunia desktop, Linux masih terlalu awal untuk menjadi calon penantang. Hanya saja dengan sifatnya yang Open Source, Linux mempunyai peluang untuk menjadi semakin besar. Secara perlahan tapi pasti, Linux terus mengalami perkembangan dan bahkan Microsoftpun mulai memperhitungkan kehadiran Linux sebagai suatu ancaman terhadap Windows.
Peluang Linux ini semakin membesar dengan semakin banyaknya distro-distro Linux yang bermunculan. Dan yang sangat menarik, kalau awalnya distro Linux hanya bisa dibuat oleh perusahaan atau komunitas yang mempunyai pengetahuan tehnis sangat kuat di Linux. Sekarang ini Linux mulai banyak dibuat oleh perorangan, bukan lagi oleh komunitas ataupun perusahaan. Semakin lama Linux bukan hanya semakin mudah untuk dipergunakan, tetapi ternyata Linux juga semakin mudah untuk dibuat oleh pemakai komputer, sekalipun mereka tidak mempunyai pengetahuan tehnis yang kuat di Linux.
Kemudahan dalam pembuatan distro Linux ini mungkin bisa dianalogikan dengan kemudahan dalam pembuatan website, baik yang statis ataupun dinamis. Pada awalnya, untuk membuat website diperlukan berbagai pengetahuan tehnis tentang HTML, CSS, JavaScript, Dynamic HTML, CGI ataupun PHP dan ASP. Sekarang ini, dengan hadirnya berbagai tool pembuatan website, banyak pemakai komputer yang awam sekalipun mampu membuat website statis ataupun dinamis seperti halnya seorang profesional.
Hal ini juga yang akan terjadi di dunia Linux. Semakin lama distro Linux akan semakin mudah untuk digunakan dan bahkan akan semakin mudah dibuat oleh pengguna awam sekalipun tanpa harus mengetahui banyak hal tentang script ataupun programming di Linux. Dengan banyaknya pengguna yang mampu membangun sendiri distro Linux sesuai dengan karakteristik mereka, bukan tidak mungkin akan semakin banyak pemakai komputer yang melirik Linux. Ini semua bisa terjadi karena Linux akan semakin mudah untuk di-customize se-personal mungkin. Bahkan nantinya bukan tidak mungkin hanya dengan point n click semua orang akan dapat membuat distro Linux. Jadi ... dominasi Windows mungkinkah akan berakhir ...?

0 komentar:

Posting Komentar

Beri komentar berupa saran maupun kritikan , tapi pakai kata-kata yang membangun ya gan dan aganwati . Senang bertemu anda semua.